Senin, 28 Maret 2011

KONSEP PERENCANAAN PEMBANGUNAN MENURUT PARA AHLI

1. D. Conyers dan Hills (1984):
Perencanaan adalah proses yang kontinyu, terdiri dari keputusan atau pilihan dari berbagai cara untuk menggunakan sumber daya yang ada, dengan sasaran untuk mencapai tujuan tertentu di masa mendatang.

2. MT Todaro (Economic Development, 7 th ed., 2000):
Perencanaan Ekonomi adalah upaya pemerintah secara sengaja untuk mengkoordinir pengambilan keputusan ekonom dalam jangka panjang serta mempengaruhi, mengatur dan dalam beberapa hal mengontrol tingkat dan laju pertumbuhan berbagai variable ekonomi yang utama untuk mencapai tujuan pembangunan yang tela ditentukan sebelumnya.

3. Jhingan:
Perencanaan adalah teknik/cara untuk mencapai tujuan, untuk mewujudkan maksud dan sasaran tertentu yang telah ditentukan sebelumnya dan telah dirumuskan dengan baik oleh Badan Perencana Pusat. Tujuan tersebut mungkin untuk mencapai sasaran social, politik atau lainnya.

4. Mark Turner dan David Hulme :
Mendefinisikan perencanaan pembangunan adalah proses modernisasi perubahan menyeluruh dari masyarakat tradisional atau pra modern kebentuk penguasaan teknologi dan perubahan organisasi sosial masyarakat dengan ciri meningkatkan kesejahteraan ekonomi, stabilisasi politik seperti dunia barat.

5. Coralie Bryant dan Louise G. White :
Perencanaan Pembangunan sebagai suatu peningkatan kapasitas untuk mempengaruhi masa depan mempunyai beberapa implikasi. Pertama ; Memberikan perhatian terhadap kapasitas, terhadap apa yang perlu dilakukan untuk mengembangkan kemampuan dan tenaga guna membuat perubahan. Kedua ; mencakup keadilan, perhatian yang berat sebelah kepada kelompok tertentu akan memecah belah masyarakat dan mengurangi kapasitasnya. Ketiga ; Penumbuhan kuasa dan wewenang dalam pengertian bahwa hanya jika masyarakat mempunyai kuasa dan wewenang tertentu maka mereka akan menerima manfaat pembangunan.

6. Abdulrachman,1973
Perencanaan adalah pemikiran rasional berdasarkan fakta-fakta dan atau perkiraan yang mendekat (estimate) sebagai persiapan untuk melaksanakan tindakan-tindakan kemudian
7. Siagian,1994
Perencanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan penetuan secara matang daripada hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan dating dalam rangka pencapaian yang telah ditentukan.

8. Soekartawi,2000
Perencanaan adalah pemilihan alternatif atau pengalokasian berbagai sumberdaya yang tersedia.

9. Terry,1975dalamKusmiadi,1995
Perencanaan adalah pemilihan dan menghubungkan fakta-fakta, membuat serta menggunakan asumsi-asumsi yang berkaitan dengan masa dating dengan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan tertentu yang diyakini diperlukan untuk mencapai suatu hasil tertentu.


10. Ciri-ciri perencanaan pembangunan menurut Tjokroamidjojo (1996) diuraikan sebagai berikut :
a. Suatu perencanaan pembangunan adalah usaha yang diceminkan dalam rencana untuk mencapai perkembangan social ekonomi yang tetap (steady social economy growth). Hal ini dicerminkan oleh dalam usaha peningkatan produksi nasional, berupa tingkat laju pertumbuhan ekonomi yang positif.
b. Usaha yang dicerminkan dalam rencana meningkatkan pendapatan perkapita. Laju petumbuhan ekonomi yang positif, yaitu setelah dikurangi dengan laju pertumbuhan penduduk menunjukkan pula kenaikan pendapatan per kapita.
c. Usaha mengadakan perubahan struktur ekonomi yang mendorong peningkatan struktur ekonomi agraris menuju struktur industri.
d. Adanya perluasan kesempatan kerja
e. Adanya pemerataan pembangunan yang meliputi pemerataan pendapatan dan pembangunan antara daerah.
f. Adanya usaha pembinaan lelmbaga ekonomi masyarakat yang lebih menunjang kegiatan pembangunan.
g. Upaya membangun secara bertahap dengan berdasar kemampuan sendiri/nasional.
h. Usaha terus menerus menjaga stabilitas ekonomi.
k. Jenis Perencanaan (Conyers & Hills)
i. Tujuan Perencanaan (The nature of Planning Goals)
ii. Lingkup Kegiatan Perencanaan (The Scope of Planning Activities)
iii. Tingkatan Spatial dari Kegiatan Perencanaan (The Spatial Level of Planning Activity)
iv. Tingkatan Operational dari Kegiatan Perencanaan (The Oprational Level of Planning Activity).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar